Kesempatan Yang Jahat

Sesudah Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik.  - Luk 4:13

Kairos atau sebuah jendela kesempatan sering digambarkan sebagai "waktu Tuhan."  Tapi dalam konteks Lukas ini, ada kairosnya si jahat.  Tidak semua kesempatan itu bersifat baik, tapi ada kesempatan yang justru akan menjatuhkan kita.  

Petrus menggunakan frasa "waktu kebodohan."  Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu - I Pet 1:14 dari istilah agnoia atau ignorant. Artinya, ada saat-saat dimana kita tidak berjaga, dan sadar, sehingga kita lengah sehingga si pencuri datang mencuri apa yang kita punya.

Si jahat hanya datang untuk mencuri (Yoh 10:10) tidak ada yang baik dari dia.  Seluruh dunia ada dibawah kuasanya (I Yoh 5:19), kita harus terus berjaga-jaga sehingga tidak kehilangan apa yang menjadi bagian kita seperti sukacita, damai sejahtera, kesehatan, berkat, dan yang baik dari Bapa kita.

Tidak semua kesempatan itu baik, sebab itu mengambil semua kesempatan yang ada (oportunis) bukan hatiNya.  Dia ingin kita mengerti hatiNya, dan mengerti kesempatan yang baik, kairosNya. Berhati-hatilah!

Hanny Setiawan

Kesempatan pasti datang, yang dibutuhkan hanyalah kesabaran!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengharapkan Yang Tak Terduga

Lebih Sungguh Lagi

Kegembiraan Yang Menyehatkan